Pedagang Nasi Goreng Mengeluh Saat PPKM, Menurutnya Dibalik Musibah Covid-19 Kita Ambil Hikmahnya, Dengan Menjalankan Ibadah Puasa Senin Kamis

Sorotbangsanews.com – Pedagang nasi goreng mengeluhkan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang menurutnya semenjak diberlakukan perpanjangan PPKM saya binggung harus bagaimana lagi sebagai rakyat kecil saya hanya bisa berikhtiar (Berusaha) guna menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerapkan PPKM level 4 jilid 2 mulai 25 Juli-2 Agustus 2021.

PPKM level 4 diatur dalam Surat Edaran Wali Kota Nomor : 180/2527-Bag.Hkm/2021 tentang PPKM Berbasis Mikro Level 4 Covid-19 di Kota Tangerang. Beleid tersebut merupakan turunan dari Instruksi Mendagri tentang perpanjangan PPKM darurat yang berubah menjadi PPKM level 4 yang tertuang dalam Inmendagri Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM level 4 Covid-19 yang dikeluarkan pada Selasa (20/7).

Saat awak media melewati tempat tersebut lalu mengkonfirmasi pedagang nasi goreng yang tidak ingin mau disebutkan identitasnya bertepat di taman royal Kota Tangerang ia menuturkan saya berdagang keliling dengan omset yang tidak menentu, terkadang dagangannya hanya laku sekitar empat piring nasi goreng terkadang laku tujuh hingga delapan piring,” paparnya. (29/7/21) sekitar pukul 21:00 Wib.

Dalam dagangannya satu piring RP. 13.000.00 (Tiga Belas Ribu Rupiah) bila dikalkulasikan delapan piring Rp. 104,000.00 (Seratus Empat Ribu Rupiah) sedangkan saya untuk membeli bahan baku dagangan kembali harus mengeluarkan dana dari hasil penjualan saya, belum lagi untuk kebutuhan keluarga serta anak saya yang masih sekolah kelas dua SMP belum lagi yang masih Sekolah Dasar (SD),” urainya.

Namun, menurutnya mungkin dibalik musibah yang sedang melanda di negeri yang kita cintai, dengan wabah Virus Corona ada hikmahnya,” ujar pedagang nasi goreng.

Awak media seraya menanyakan yang dimaksud ada hikmahnya, lalu ia menjelaskan, yang menurutnya, dibalik musibah Wabah Corona tentunya ada hikmahnya, seperti halnya kita menjalankan ibadah berpuasa Senin Kamis,” kata pedagang nasi goreng tersebut.

Dengan adanya hal itu awak media pun tertegun mungkin ada benarnya juga yang disampaikan pedagang nasi goreng tersebut, dengan menjalankan ibadah puasa Senin Kamis.

Adapun yang dimaksud, Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang sering dikerjakan oleh umat muslim karena memiliki sejumlah keistimewaan yang luar biasa. Menjalankan puasa senin kamis tidak hanya bermakna ibadah tetapi juga bagian dari cara untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT atas sesuatu yang diinginkan.

Sesuai namanya, puasa ini dilaksanakan pada hari senin dan kamis saja untuk tiap pekannya. Adapun dalil hukum puasa Senin Kamis adalah sunnah, seperti yang sudah digolongkan oleh Syaikh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu dan juga telah disepakati para ulama.

Menurut Syaikh Wahbah Az-Zuhaili, puasa-puasa sunah yang disepakati para ulama antara lain puasa hari Senin dan Kamis, berikut hadisnya dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

“Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).

Sebagai informasi, puasa Senin Kamis juga merupakan puasa sunnah yang sering dikerjakan dan dianjurkan oleh Rasulullah. Jika kamu ingin melaksanakan anjuran Rasulullah untuk berpuasa Senin Kamis, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi bacaan niat puasa Senin Kamis beserta manfaat dan keutamaannya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Sama seperti puasa sunnah yang lainnya, puasa Senin Kamis memiliki bacaan niatnya tersendiri. Bacaan puasa Senin Kamis terbagi menjadi dua, maksudnya niat untuk melaksanakan puasa pada hari senin dan hari kamis dibedakan. Masing-masing harinya memiliki bacaan niat yang berbeda sekalipun merupakan kesatuan ibadah yang utuh.

Berpuasa pada hari senin ada niat khususnya, begitu juga dengan berpuasa dihari kamis. Tata cara membaca niat puasa senin kamis juga lebih fleksibel karena boleh dibaca pada hari Senin atau Kamis selama pada hari itu seorang muslim belum makan, minum, atau melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa. Adapun bacaan niatnya, seperti berikut ini:

Bacaan Niat Puasa Senin:
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

“Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,”

Bacaan Niat Puasa Kamis:
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,”

Bacaan Niat Puasa Kamis:
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,”

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa puasa Senin Kamis memiliki banyak keistimewaan, salah satunya ialah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah alasannya mengapa Rasulullah selalu rajin mengerjakan puasa Senin Kamis hingga menganjurkannya kepada umat muslim. Untuk itu, berikut beberapa manfaat kesehatan yang ditimbulkan dari pauas Senin Kamis:

1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Berpuasa dapat menjadikan tubuh lebih sehat, hal ini juga sudah sering dibuktikan kebenarannya secara medis karena dengan berpuasa, sistem pencernaan akan lancar dan sehat. Selain itu, berpuasa Senin Kamis juga dapat melatih kecerdasan emosional sehingga kamu dapat mengontrol diri dan tidak mudah mengalami depresi.

2. Mampu Menguatkan Jiwa

Berpuasa Senin Kamis juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena dapat menguatkan jiwa. Saat melaksanakannya, puasa sunnah ini digambarkan layaknya sebuah perisai untuk kejiwaan. Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Selama berpuasa, kamu dituntut untuk melawan hawa nafsu dan lebih bisa bersikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang hadir. Kamu juga akan merasa tenang selama berpuasa karena amalan ini juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

3. Metode yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikutnya, manfaat puasa senin kamis juga dapat dijadikan sebagai metode yang tepat untuk menurunkan berat badan. Ada banyak trik diet yang menyiksa dan dapat mengancam kesehatan karena secara tidak langsung memberikan sugesti kepada seseorang untuk tidak mengonsumsi makanan dalam jangka waktu yang lama dan hal ini bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

Namun tentu saja tidak dengan cara berpuasa Senin Kamis, ketika kamu rajin dan disiplin dalam melaksanakannya maka secara perlahan kamu akan terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat tanpa perlu melakukan pola diet yang menyiksa dan berbahaya bagi lambung.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Untuk kamu yang selalu memiliki permasalahan atau gangguan tidur, puasa Senin Kamis bisa menjadi solusinya. Hal ini karena selama berpuasa, kamu akan mulai membiasakan diri untuk menyesuaikan jam makan malam dengan jam berbuka, sehingga lebih awal dari jam makan malam kebanyakan orang.

Kebiasaan ini membuat lambung punya lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dengan baik sebelum kamu tidur. Jadi saat tidur, perut terasa lebih ringan dan tidak begah. Dengan begitu, kamu akan tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan lebih segar.

5. Memperpanjang Umur

Berpuasa Senin Kamis dapat memberikan implikasi yang baik pada tubuh karena bisa mengajarkanmu pola hidup sehat, dimulai dari cara mengatur asupan makanan. Secara otomatis ketika tubuhmu menjadi lebih sehat maka akan berdampak pada kualitas dan panjang usia. Memang untuk urusan umur tidak ada yang bisa menjamin, namun menjadi masuk akal ketika tubuh dalam kondisi sehat maka harapan usia menjadi lebih tinggi ketimbang kondisi tubuh yang sakit.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Bicara soal puasa sunah Senin Kamis, ada begitu banyak keutaman dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Tirmidzi dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW mengatakan bahwa pada hari Senin dan Kamis amalan akan di angkat dan Rasulullah sangat suka saat amalan diangkat ia dalam keadaan berpuasa.

Tak sampai di situ, dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim, orang-orang yang berpuasa memliki keisitimewaan di mana di akhirat nanti ada pintu menuju surga bernama Ar-Rayyan yang hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang rajin menjalankan puasa.

Sedangkan dari sisi kesehatan, puasa dapat meningkatkan fungsi otak, memperbaiki pola makan, meningkatkan kekebalan tubuh juga membersihkan kulitmu. Yuk lebih rajin menjalani puasa Senin Kamis dan jangan lupa lafalkan niat ya!