Beranda International Ditemukannya Drone Bawah Laut, Menhan Prabowo Harus Tegur Keras China

Ditemukannya Drone Bawah Laut, Menhan Prabowo Harus Tegur Keras China

0
Ditemukannya Drone Bawah Laut, Menhan Prabowo Harus Tegur Keras China

Sorotbangsanews.com – Dengan ditemukannya drone bawah laut milik china oleh nelayan di kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Menhan Prabowo Subianto agar kiranya untuk tegas mengenai hal tersebut, guna untuk menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Prabowo mesti tegas dalam menjaga kedaulatan wilayah teritorial NKRI. China perlu ditegur keras. Kalau tidak ditegur berbahaya pertahanan negara,” ujar Ubedilah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (3/1).

Selain itu pula, menurut Ubedilah, Prabowo harus menegur keras China yang telah melanggar batas teritori NKRI.

Indonesia berdasarkan Konvensi Hukum Laut 1982 memiliki kedaulatan atas perairan pedalaman, perairan kepulauan, dan laut teritorial 12 mil laut diukur dari garis pangkal kepulauan.

Lebih lanjut, kata Ubedilah, Prabowo juga harus segera mencari solusi teknologi canggih agar dapat menangkap hal-hal serupa.agar hal ini tidak terulang kembali.

Pasalnya, ditemukannya drone bawah laut milik China di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan oleh nelayan menunjukkan bahwa kemampuan pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Pertahanan tidaklah canggih.

“Di saat yang sama Prabowo mesti cari solusi teknologi canggih untuk menangkal cara-cara China tersebut,” papar Ubedilah.

Sebelumnya sebuah drone yang diduga milik China ditemukan di perairan Sulawesi oleh seorang nelayan. Perlu diketahui, perairan Sulawesi merupakan kawasan strategis bagi Australia yang saat ini tengah berseteru dengan China.

Terkait hal ini sudah tersebar, di mana dalam sebuah foto ada seorang perwira militer yang berfoto dengan kendaraan bawah air tanpa awak (UUV), yang ditemukan tepat sebelum Natal di dekat Pulau Selayar, Sulawesi Selatan.

UUV diangkat dari air oleh nelayan setempat pada tanggal 20 Desember lalu, tapi baru dilaporkan ke pihak berwenang enam hari kemudian.

UUV Sea Wing sendiri merujuk kepada Haiyi, robot bawah air yang dikembangkan Institut Oseanologi dan Institut Automasi Shenyang yang berada di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China. Seperti wahana melayang (glider) lainnya, Sea Wing bergerak menembus air menggunakan sistem kompensasi buoyancy yang diisi dengan minyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here