Turki Dilanda Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,0 Menyebabkan Tsunami Kecil

Sorotbangsanews.com – Gempa bumi dengan berkekuatan magnitudo 7,0 melanda lepas pantai Turki barat pada Jumat (30/10/2020),

Tak hanya di Turki, gempa tersebut juga dirasakan di perairan Yunani hingga ke Bulgaria, Siprus, Mesir dan Libya.

Menurut informasi yang terhimpun berawal menunjukkan adanya kerusakan bangunan tak berselang kemudian air laut mencuat kedaratan menyebabkan tsunami kecil yang membanjiri jalan-jalan dalam pemandangan yang mengerikan di pantai Turki.

Puing-puing meluluh lantakan di jalan-jalan Turki setelah gelombang laut yang tampak jelas di dekat Izmir di mana setidaknya enam bangunan hancur.

Badan bencana Turki mengatakan sedikitnya empat orang tewas dan 120 luka-luka dalam gempa itu, sementara sedikitnya delapan orang luka-luka di Yunani di mana tsunami mini mencapai Pulau Samos di Yunani.

“Sejauh ini kami telah menerima informasi tentang enam bangunan yang ambruk” di provinsi Izmir, kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu di Twitter.

“Beberapa warga kami terjebak di reruntuhan,” kata Menteri Lingkungan Hidup Turki Murat Kurum.

Penduduk pulau diperintahkan untuk menghindari pantai, sementara beberapa meninggalkan rumah mereka, dan jalan serta bangunan rusak oleh gempa yang juga dirasakan di Athena dan dekat Albania, Makedonia Utara dan Bulgaria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here