Indonesia Utang ke Australia 15 Triliun Dengan Tenor 15 Tahun

(Ilustrasi)

Sorotbangsanews.com – Pemerintah Australia memastikan telah memberikan pinjaman sebesar AUD 1,5 miliar atau sekitar Rp. 15,37 Triliun (kurs Rp. 10.320) kepada Indonesia. Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg mengatakan pemulihan ekonomi Indonesia dari pandemi sangat penting bagi stabilitas dan keamanan kawasan.

“Karena krisis ini sebagai mitra dan berkomitmen untuk distribusi yang adil dari setiap vaksin yang berhasil,” kata Josh dalam video virtual, Kamis (12/11/2020).

Dilansir dari Sindonews.com menurutnya pinjaman mencerminkan waktu yang luar biasa dan sebagai pengakuan atas catatan pengelolaan fiskal yang baik di Indonesia. “Covid-19 merupakan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Indo-Pasifik dan dunia,” bebernya.

Indonesia mendapat uang atau pinjaman dari Australia sebesar 1,5 miliar dolar Australia dengan tenor 15 tahun. Nilai pinjaman tersebut setara dengan Rp15,45 triliun jika dikurs Rp.10.300 per dolar Australia.

Menurut informasi yang terhimpun, bahwasannya, pinjaman dari pemerintah Australia itu mampu melengkapi APBN sebagai instrumen fiskal yang saat ini sedang sangat tertekan hingga terjadi pelebaran defisit sebesar 6,34 persen.

Ia menambahkan pmberian pinjaman Pemerintah Australia kepada Indonesia mencerminkan kolaborasi bersama dan sebagai sebuah pengakuan atas catatan pengelolaan fiskal yang baik di Indonesia yang memungkinkan pemerintah menanggapi krisis kesehatan Covid-19. “Pemerintah kami akan terus terlibat dan berbagi pengalaman saat kami bergerak menuju pemulihan ekonomi,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here